Minggu, 08 Januari 2012

PERJUANGAN KU SAMPAI BISA KULIAH

Malem semua ..
Kenalin , nama gue Hendy Gusando ..panggil aja Sando ..gue mau berbagi pengalaman perjuangan menjadi mahasiswa ..oke dah ,langsung aja deh ..
Awal nya gue ga nyangka banget bisa kuliah d salah satu PTN n jurusan yg udah gue minatin dari gue SMA ..karena notabene nya gue termasuk siswa yg cukup liar d SMA ..ehh gue lupa , gue berasal dari SMA Negeri 4 Lahat ..ada yang tau gak Lahat itu dimana ? Lahat itu salah satu Kabupaten di provinsi Sumatera Selatan ..Jarak nya dari Palembang kurang lebih 5 jam jalan darat ..kalo ada jalan udara mungkin bisa lebih cepat dari itu ..:D ..ga kebayangkan betapa pelosok nya skolah ku ! :D
Waktu SMA , ke inget banget kalo bulan" terakhir d bangku SMA pikiran udah mulai bercabang ..ntah itu mikirin mau kuliah dimana ? mau sekolah ikatan dinas dimana ? mau langsung kerja dimana ?maka nya ,tak jauh dari situ ..setiap ada pembukaan tes masuk ato saringan masuk pasti gue ikutin ..siapa tau nasib ,itu pikir gue dlo ..alhasil semua nya ga da yg lulus ..kebanyakan gugur d tahap awal ..*tp msh mending gtu drpada ga lulus d tahap akhir :D
Ga lulus bukan berarti nyerah gtu aja ..gue selalu berpikiran "ga lulus itu awal dari segala nya , n lulus itu akhir dari segala nya" ..Sampe akhir nya ada pemberitaan mengenai SNMPTN Jalur Undangan ..awal nya sih gue ga tau ,gue baru tau setelah gue ngikut sosialisasi dari sekolah ..n ga nyangka banget nama gue trdaftar buat ikutan kayak gtuan ..
Sebener nya gue belom seneng meskipun dah terdaftar ,yg waktu itu gue pikirin mau d masukin kemana nilai yg pas"an ke PTN yg kualitas nya bagus ..waktu itu gue belom tau pengen nya kemana ..
Jadi setiap gue ol ,yg gue buka dloan bukan FB ,Twitt ,n jejaring sosial yg lain ..tp google .Tujuan ny tidak lain yah buat search PTN bagus , n jurusan bermutu ..
Dan dapet lah 3 PTN bagus ..dan 5 jurusan bermutu ..*bagi gue tp ..:D
Yaitu ..ITB ,UGM ,n UNSRI ..jurusan nya T.Geologi ,T.Elektro ,T.Sipil ,Perminyakan dan T.Pertambangan ..sumpah lah makin hari dket sama penentuan akhir pilihan ,makin bingung rasa nya mau milih yg mana ..enak yg nilai nya gede ,yg nilai ny kayak gue ?pas"an gini ..T.T
3 kali gue rolling PTN sama jurusan nya ..n pada akhir nya .. UGM T.Geologi  Pertama ,UNSRI T.Tambang Kedua ..dan UNSRI lah labuhan akhir nya ..Gak percaya rasa nya ..nilai kacau bisa lulus PTN gampan amat ..:P
Tips ni buat kalian yg milih" buat SNMPTN Jalur Undangan ..
1.Pilih yg emg bener sesuai dengan kemampuan kalian .
2.Pilih yg emg pas sama nilai kalian
3.Liat saingan kalian dalam skala Nasional ,kalo bisa sih jangan yg banyak" amat peminat ny ..tp kualitas nya bagus .
4.Liat saingan kalian dalam skala Lokal (satu SMA) ,kalo yg lebih pinter bnyak yg milih jurusan yg kalian pilih ..mending ganti aja deh ..tp kalo emg nekat gpp lah ..*ngadu naseb :D
5.Liat saingan kalian dalam skala (satu Kelas) ,kalo nilai kamu lebih besar dr tmen kamu satu kelas trus pilihan kalian sama ,mending ksih saran k dia ..jgn sampe kalian mentingin ego sendiri ..inget loh satu kelas itu keluarga senasib sepenanggungan :D *itu gue ,ga tau sama lo :P
6.Kalo udah dpet pilihan nya ,minta perstujuan orang tua kalian ..soal nya saran dari orang tua ga mungkin nyesatin kita ..trus kalo ga d restuin yah nurut" aja ..jgn maksa.in ..mungkin ada pertimbangan lain dr orng tua yg ga bisa d ceritain ke kita..
7.Minta saran sama guru d sekolah saat jam kosong ..guru peran nya sama kayak orang tua kita ..
8.Dan ini yg paling penting , Berdoa lah ! :D
Semoga tips nya berguna buat yg baca entri gue ..berhubung ini dah malem mungkin sampe sini aja gue nulis entri nya ..dah ngantuk soal nya ..:D

0 komentar:

Posting Komentar